3

Pamulang – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran daring di era pandemi Covid-19, LP3 berkomitmen untuk dapat membantu dosen di lingkungan Universitas Pamulang agar mampu mengelola pembelajaran daring yang menarik dan inovatif.  Berkaitan dengan hal tersebut, pada bulan Juni 2020, LP3 sudah memberikan materi melalui webinar di beberapa Program Studi. Materi yang diberikan adalah The New Normal of Online Learning yang membahas tentang pengelolaan pembelajaran daring yang menarik di masa pandemi Covid-19. Materi tersebut relevan dengan keadaan saat ini yang menuntut setiap dosen untuk dapat berinovasi pada pembelajaran daringnya masing-masing.

1

Program Studi Sastra Indonesia S-1 mengawali rangkaian kegiatan webinar terkait pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. LP3 diwakilkan oleh Ketua Lembaga, Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd., yang diundang sebagai narasumber. Webinar tersebut dilakukan pada hari Jumat, 5 Juni 2020 pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB. Webinar dihadiri oleh dosen-dosen Prodi Sastra Indonesia S-1.

2
Selanjutnya, webinar diselenggarakan oleh Prodi Teknik Industri S-1 dengan tema “Penguatan Kualitas e-Learning dan Modul Bahan Ajar Teknik Industri”. Webinar yang juga mengundang ketua LP3 sebagai narasumber itu dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Juni 2020, pukul 09.00 WIB dengan menggunakan aplikasi online meeting atau web conference Google Meet. Webinar dihadiri oleh dosen-dosen Program Studi Teknik Industri.

3

Selasa, 17 Juni 2020, LP3 yang diwakili oleh ketua lembaga kembali memberikan materi pada workshop pengembangan konten e-learning yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN S-1). Narasumber menyampaikan materi terkait new normal pada pembelajaran daring. Dalam penyampaiannya, Bapak Ubaid menekankan pada setiap dosen untuk dapat menyesuaikan pembelajaran daring yang dikelola dengan keadaan masa pandemi Covid-19.Hal tersebut dapat dicapai dengan memaksimalkan fasilitas learning object yang ada pada LMS Unpam. Pembelajaran daring sudah seharusnya dikelola dengan serius seperti halnya mengelola pembelajaran tatap muka.

4

Rangkaian kegiatan webinar di bulan Juni ditutup dengan workshop online dengan tema Penyusunan Bahan Ajar Bebas Plagiarisme untuk Meningkatkan Efektivitas dan Kebermaknaan Kuliah Online yang diadakan oleh prodi Akuntansi D-III. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 27 Juni 2020 dengan menggunakan Google Meet. Ketua LP3 sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut menekankan pada penyusunan bahan ajar sebagai salah satu learning object di perkuliahan daring yang dikelola oleh dosen. Dengan meningkatkan kualitas bahan ajar, maka diharapkan kualitas perkuliahan adring juga akan meningkat.

Materi pokok dari seluruh kegiatan webinar merupakan implementasi The New Normal of Online Learning. Materi tersebut membahas tentang bagaimana konsep pembelajaran daring di era pandemi Covid-19. Kejenuhan yang sangat mungkin terjadi pada pembelajaran daring yang dilakukan di Universitas Pamulang menuntut dosen agar mampu menyajikan suatu konsep baru. Dengan pembahasan materi tersebut, dosen dapat mengembangkan pembelajaran daringnya dengan menyesuaikan keadaan saat ini. Harapannya agar pembelajaran daring yang dikelola dapat lebih inovatif serta mampu mencapai tujuan pembelajaran.

Menu