whatsapp-image-2020-02-19-at-14-10-46

Pada tanggal 17, 18 dan 20 Februari 2020, Universitas Pamulang melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) mengadakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Dasar dan Teknik Instruksional (PEKERTI). Kegiatan yang diadakan selama 3 hari tersebut mempunyai tujuan meningkatkan kualitas Pembelajaran di lingkungan Yayasan Sasmita Jaya. Kegiatan ini diikuti oleh 85 peserta yang semuanya merupakan dosen di lingkungan Yayasan Sasmita Jaya Group.

Pada hari pertama terdapat 3 materi yang disampaikan oleh 3 orang narasumber, yang sebelumnya dibuka dengan sambutan oleh Ketua LP3, Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd., dan Ketua Yayasan Sasmita Jaya, Dr. HC. Drs. H. Darsono yang dalam isi sambutannya mengatakan “Unpam dibekali mobil bioskop agar dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Kembangkan cara mengajar yang baik,tidak hanya mengajar tetapi juga beri mahasiswa motivasi. Yayasan akan selalu berbagi. Unpam akan membangun kampus di Serang dengan kapasitas 200 ribu mahasiswa” Papar Dr. (Hc). H. Darsono dalam sambutannya.

Sambutan dari Ketua Yayasan Sasmita Jaya Bapak Dr. HC. Drs. H. Darsono
Sambutan dari Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. HC. Drs. H. Darsono

Materi pertama diisi oleh Rektor Universitas Pamulang, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M, yang menyampaikan tentang sistem pendidikan tinggi dan budaya organisasi.

Rektor Universitas Pamulang, Bapak Dr. H. Dayat Hidayat, M.M.
Rektor Universitas Pamulang, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M.

Materi kedua diisi oleh Ketua LP3, Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd yang menyampaikan tentang taksonomi tujuan instruksional, analisis instruksional, dan rencana pembelajaran.

Ketua LP3, Bapak Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd
Ketua LP3, Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd

Materi ketiga diisi oleh Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi S-1, Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd yang menyampaikan tentang teori belajar, metode pembelajaran dan media pembelajaran.

Program Studi Pendidikan Ekonomi S-1, Bapak Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd
Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi S-1, Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd

Materi keempat diisi oleh Wakil Rektor 1 Universitas Pamulang, Dr. E. Nurzaman A.M, M.Si., M.M yang menyampaikan tentang Komunikasi & Motivasi Dalam Pembelajaran Orang Dewasa (Andragogi).

Wakil Rektor 1 Universitas Pamulang, Dr. E. Nurzaman A.M, M.Si., M.M
Wakil Rektor 1 Universitas Pamulang, Dr. E. Nurzaman A.M, M.Si., M.M

Materi kelima diisi oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpam, Drs. Alinurdin, M.Pd yang menyampaikan tentang Menyusun Soal dengan Pendekatan Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpam, Drs. Alinurdin, M.Pd.
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unpam, Drs. Alinurdin, M.Pd.

Materi keenam diisi oleh Koordinator Bidang Pengembangan Teknologi Pendidikan LP3 Unpam, Heri Haerudin, S.Kom., M.Kom., yang menyampaikan tentang Perkuliahan Online (E-Learning).

Materi ketujuh diisi oleh Wakil Rektor 2 Bidang Sumber Daya dan Keuangan, Dr. Drs. Subarto, M.Pd., yang menyampaikan tentang jenjang karir dan level dosen.

Wakil Rektor 2 Bidang Sumber Daya dan Keuangan, Dr. Drs. Subarto, M.Pd.
Wakil Rektor 2 Bidang Sumber Daya dan Keuangan, Dr. Drs. Subarto, M.Pd.

Selain mendapatkan materi para peserta juga diberikan tugas mandiri berupa Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS); Penyusunan Satuan Acara Perkuliahan (SAP); Penyusunan materi perkuliahan (1 pertemuan); Penyusunan soal evaluasi dengan pendekatan higher order thingking skill (HOTS); dan pemanfaatan konten e-learning yang ada pada LMS (Learning Managament System) Unpam. Acara pekerti ini akan ditutup dengan kegiatan micro teaching yang dilaksanakan di kampus Viktor Universitas Pamulang pada tanggal 20 Februari 2020.

Menu