img_6697

Pamulang-Pada hari kamis tanggal 27 Agustus 2020 resmi dibuka studio pembelajaran yang berlokasi di lantai 1 gedung B kampus pusat Universitas Pamulang. Acara peresmian tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya yaitu Dr. (HC) H. Darsono, Rektor Unversitas Pamulang Dr. H. Dayat Hidayat, M.M, Wakil Rektor 1 Dr. E Nurzaman AM, M.Si., M.M.,  Wakil Rektor 3 Dr. Muhamad Wildan, S.S., M.A., serta para Kepala Program Studi di lingkungan Universitas Pamulang.

img_6671

Acara pertama dibuka oleh laporan Ubaid Al faruq, S.Pd., M.Pd. selaku ketua LP3 yang menaungi studio pembelajaran yang baru diresmikan. Dalam laporannya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yayasan Sasmita Jaya yang telah memfasilitasi berdirinya studio pemebelajaran ini,  disebutkan juga salah tujuan dari pembuatan studio ini adalah agar bisa dimanfaatkan untuk pengembangan kualitas pendidikan di Universitas Pamulang. Studio pembelajaran ini akan mulai resmi digunakan pada hari senin tanggal 31 Agustus 2020, untuk pengembangan konten bahan ajar yang sebelumnya masih berupa modul agar bisa dikembangakan lagi dalam bentuk video pembelajaran, terlebih untuk fakultas teknik yang rata-rata agak sulit jika hanya mengimplementasikan dalam bentuk bahan ajar saja, sehingga dengan adanya video pembelajaran diharapkan penyampaian materi bisa lebih jelas dan mudah dipahami oleh mahasiswa.

LP3 akan membuat penjadwalan mengenai penggunaan studio pembelajaran yang nantinya akan dibagikan ke tiap Program Studi, sehingga diharapkan tiap Program Studi bisa mengirimkan data tentang mata kuliah dan dosen yang sudah siap untuk membuat video pembelajaran, yang nantinya video tersebut akan diunggah ke youtube sehingga linknya bisa dimanfaatkan sebagai tambahan bahan ajar melalui LMS Universitas Pamulang.

img_3757

Acara kedua diisi oleh sambutan Rektor, dalam sambutannya Rektor menyampaikan bahwa ke depannya online learning, pemanfaatan bahan ajar dalam bentuk video akan menjadi kebutuhan utama. Oleh karena itu Universitas Pamulang perlu mempunyai laboratorium untuk membuat video bahan ajar untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, yang alhamdulillah sudah diimplementasikan melalui pembuatan studio pembelajaran. Dan harapan ke depannya dokumentasi video-video yang sudah dibuat bisa menjadi tayangan khazanah untuk proses pembelajaran.

img_3766

Acara ketiga diisi oleh sambutan Ketua Yayasan Sasmita Jaya, dalam sambutannya Ketua Yayasan menyampaikan bahwa studio ini merupakan tuntutan jaman yang dulunya dianggap tidak terlalu penting. Untuk fase pertama dirasa masih sangat sederhana, sehingga ke depannya akan terus diupayakan untuk menyesuaikan kebutuhan yang ada di studio. Ketua Yayasan juga menyampaikan untuk shooting tidak harus selalu dilakukan di studio, karena bisa dilakukan sesuai dengan tema dari materiyang diajarkan, sehingga dalam hal ini studio bisa berperan sebagai tempat editing video.  harapannya dengan penambahan sarana yang sedikit demi sedikit ini Universitas Pamulang bisa memiliki sarana yang semakin memadai. Untuk itu yayasan akan selalu mendukung demi tercapainya visi misi universitas.

Acara keempat diisi dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ketua LKK, dan diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh ketua yayasan serta pengguntingan pita oleh Rektor sebagai tanda peresmian studio pembelajaran.

img_6704

Menu