Pamulang, lp3.unpam.ac.id – Universitas Pamulang melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) kembali menyelenggarakan program Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (Pekerti) daring bagi dosen-dosen Universitas Pamulang, STIKes Widya Dharma Husada, STIKes Kharisma Persada, dan STMIK Eresha. Pelaksanaan program Pekerti dijadwalkan berlangsung selama 6 hari dimulai dari tanggal 18 sampai dengan 23 Januari 2021. Diikuti oleh 87 peserta, pelaksanaan program ini dilakukan menggunakan media video conference pada aplikasi Zoom selama 2 hari, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan diskusi serta penugasan yang dilakukan di LMS Unpam.

1

Pelaksanaan Program Pekerti Daring Menggunakan Zoom Meeting

Acara di hari pertama diawali dengan pembukaan acara oleh Rektor Universitas Pamulang, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M. Pada sambutannya, beliau secara umum memberikan pemahaman terhadap para peserta tentang urgensi dari program Pekerti ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala LLDikti Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd., yang sekaligus membuka acara ini secara resmi

2

Sambutan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV

Pekerti merupakan program yang diselenggarakan untuk dapat meningkatkan pemahaman peserta kaitannya dengan tugas pokok dan fungsi mereka sebagai dosen. Tujuan diselenggarakannya program Pekerti di Universitas Pamulang adalah agar kualitas layanan pendidikan yang ditawarkan kepada masyarakat dapat terus meningkat seiring dengan meningkatnya kompetensi sumber daya manusianya, terutama tenaga pengajar. “Untuk memperkuat kualitas lulusan, untuk memperkuat kualitas kurikulum dan proses pembelajaran, maka langkah yang pertama, investasi yang terbesar itu adalah pengembangan kapasitas dosen”. Ujar Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd., dalam sambutannya.

3

Penyampaian materi pertama oleh Rektor Universitas Pamulang

Materi pertama pada acara ini disampaikan oleh Rektor Universitas Pamulang, Dr. H. Dayat Hidayat, M.M., yang memaparkan materi mengenai sistem pendidikan tinggi dan budaya organisasi Universitas Pamulang. Isi materi secara garis besar memaparkan tentang pemahaman terkait penerapan visi dan misi Unpam kaitannya dengan standar nasional pendidikan, pembahasan kurikulum, implementasi pembelajaran, serta topik terbaru yaitu Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.

4

Penyampaian materi kedua oleh Ketua LP3 Unpam

Materi kedua disampaikan oleh Ketua LP3, Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd., yang memaparkan tentang taksonomi tujuan instruksional, analisis instruksional, rencana pembelajaran, dan kontrak perkuliahan. Pada kesempatan ini peserta diajak untuk dapat memahami hakikat penyusunan perencanaan pengajaran. Peserta diarahkan untuk dapat berpikir kritis dalam menyesuaikan tujuan pembelajaran di setiap mata kuliah yang akan mereka ampu. Pada akhir penyampaian, peserta kemudian ditugaskan untuk membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) serta Satuan Acara Pengajaran (SAP) suatu mata kuliah yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.

Penulis: Putut Said Permana

 

Menu