FGD PENYELENGGARAAN DAN WORKSHOP ASESOR REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL)

Tangerang Selatan, 23 dan 24 Agustus 2023 – Berdasarkan surat Plt Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 3368/E2/DT.00.05/2023 tentang Pengumuman Perguruan Tinggi Penerima Program Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A Tahun 2023, Universitas Pamulang ditetapkan menjadi salah satu perguruan tinggi yang menerima program tersebut. Salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan adalah menyelenggarakan FGD Penyelenggaraan RPL dan Workshop Asesor. FGD Penyelenggaraan RPL bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan unit penyelenggara RPL terkait mekanisme penyelenggaraan RPL. Sedangkan Workshop Asesor bertujuan memberikan pengetahuan dan ketrampilan para asesor agar dapat melaksanakan asesmen RPL dengan baik dan benar.

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2023 di Mercure Hotel, BSD City, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten dan diikuti oleh 30 peserta, yang tediri dari: 1) 5 Pimpinan Universitas 2) 10 pengelola unit RPL, 2) 15 asesor RPL Program Studi. Dalam laporannya Dr. Dameis Surya Anggara, M.Pd. menyampaikan bahwa acara ini sebagai upaya memberikan bekal kepada Unit Pengelola RPL dan Para Asesor RPL dengan agenda meliputi: 1) Pemahaman tentang Kebijakan dan Mekanisme RPL, 2) Presentasi Dokumen dan Formulir Penyelenggaraan RPL, dan 3) Simulasi Penyelenggaraan RPL (Pengelola, Pendaftar, dan Asesor). Selanjutnya dalam sambutan dan juga pembukaan kegiatan, Rektor Unpam Dr. E. Nurzaman AM, M.M., M.Si. menyampaikan bahwa ini merupakan kepercayaan pemerintah kepada Unpam untuk menyelenggarakan RPL, maka buktikan kepercayaan tersebut melalui penyelenggaraan yang professional dan berkualitas.

Materi hari pertama disampaikan oleh Ir. Hudiyo Firmanto, M.Sc, Ph.D dengan topik  meliputi: 1) Kebijakan dan Mekanisme Penyelenggaraan RPL; 2) Form dan Perangkat Asesmen RPL Tipe A; 3) Asesmen RPL Tipe A (Transfer dan Perolehan Kredit), 4) Presentasi Dokumen Formulir RPL dan Peraturan dan pedoman penyelenggaraan RPL Unpam, dan 5) Simulasi proses asesmen RPL. Selanjutnya materi hari kedua disampaikan oleh Hari Jefri Vernando, S.E. dengan topik yaitu Sistem Informasi RPL dan Pengoperasian Sierra.

Diharapkan melalui kegiatan ini, Unit Pengelola RPL dan Para Asesor RPL dapat menyelenggarakan RPL dengan baik dan benar untuk memberikan kesempatan belajar kepada masyarakat luas.

Penulis : DSA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *