Matrikulasi Program Pascasarjana: Sosialisasi Sistem Pembelajaran

Pamulang – LP3 Universitas Pamulang memberikan Sosialisasi Sistem Pembelajaran pada kegiatan matrikulasi mahasiswa baru Program Pascasarjana yang berlangsung pada Sabtu 4 September 2021 mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB di Gedung Viktor Lt 8, Kampus 2, Universitas Pamulang. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. (H.C). Drs. H. Darsono, Rektor Universitas Pamulang Dr. E Nurzaman, AM., M.M., M.Si., beserta jajarannya. Selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Program Studi Pasca Sarjana Universitas Pamulang yaitu Dr. Bahtiar Baetal, M.H., (Kaprodi Magister Hukum), Dr. Agung Susanto, M.M., (Kaprodi Magister Teknik Informatika),  Dr. Iin Rosini, S.E., M.M., (Kaprodi Magister Akuntansi), dan Dr. Ir. H. Sarwani M.T., M.M. (Direktur Pascasarjana merangkap menjadi Kaprodi Magister Manajemen).

Matrikulasi ini diikuti oleh 478 mahasiswa yang tersebar di 17 kelas dengan rincian sebagai berikut: Magister Manajemen 8 Kelas, Magister Ilmu Hukum 5 Kelas, Magister Teknik Informatika 2 Kelas dan Magister Akuntansi 2 Kelas. Kegiatan ini dibuka oleh para pimpinan (Ketua Yayasan, Rektor, dan Direktur Pascasarjana), dilanjutkan paparan sistem pembelajaran dan diakhiri oleh paparan materi tentang program studi. Dr. Ir. H. Sarwani, S.T., M.M. selaku Direktur Pascasarjana Universitas Pamulang pada kesempatannya menyampaikan “Kegiatan matrikulasi ini bertujuan menginformasikan kepada mahasiswa tentang masalah sistem perkuliahan dan tentang bagaimana mereka mengikuti kegiatan belajar mengajar dan  kewajiban-kewajiban apa yang harus mereka lakukan”.

Ketua LP3 Universitas Pamulang Dr. Dameis Anggara, M.Pd., turut andil dalam kegiatan matrikulasi ini sebagai pembicara materi Sistem Pembelajaran di Universitas Pamulang. Pada materi tersebut Ketua LP3 menyampaikan Sistem Pembelajaran Universitas Pamulang menggunakan pendekatan Blended Learning dengan rincian 60% merupakan pembelajaran Luring dan 40% pembelajaran Daring. Namun pada saat terjadi wabah Covid-19 pendekatan pembelajarannya menggunakan 100% Daring. Selanjutnya Dr. Dameis Surya Anggara, M.Pd., dipenghujung materi menginformasikan aktivitas belajar Daring yang harus dilakukan oleh mahasiswa diantaranya: 1) mengerjakan tes awal, 2) mempelajari materi (modul, video pembelajaran, dan artikel riset atau video conference), 3) berpartisipasi aktif dalam forum diskusi, 4) mengerjakan tugas terstruktur, 5) mengerjakan tes akhir. Kesemua aktivitas itu tersedia dalam learning management system (LMS) Universitas Pamulang.


Penulis : Tio Sadewo
Editor  : Dameis Surya Anggara