PROGRAM FASILITASI RPL

Pamulang, lp3.unpam.ac.id – Universitas Pamulang (Unpam) kembali menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan nasional. Pada kesempatan kali ini, Unpam ditunjuk sebagai salah satu perguruan tinggi mitra dalam program hibah bertajuk Program Fasilitasi Rekognisi Pengalaman Lampau (RPL) Bagi Mahasiswa dan Pengembangan Kapasitas Institusi Penyelenggara Pendidikan Akademik Secara Daring Di Daerah Tertinggal Pada Masa Covid-19 Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

1-1

Tampilan LMS Program Fasilitasi RPL

Melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Unpam yang diketuai oleh Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd., program yang dimulai pada tanggal 26 Oktober 2020 ini telah selesai dilaksanakan kurang lebih dua bulan hingga tanggal 19 Desember 2020. Unpam bersama dengan Universitas Muhammadiyah Sorong telah melaksanakan tugasnya sebagai perguruan tinggi mitra dari perguruan tinggi daerah tertinggal (PTDT) IKIP Gunungsitoli, Nias. Dalam kegiatan RPL ini, Unpam mendapatkan bagian untuk mengelola delapan mata kuliah secara daring dengan peserta didik sebanyak 186 mahasiswa. Terdiri dari 136 mahasiswa IKIP Gunungsitoli dan 50 mahasiswa Unpam. Sedangkan dosen yang ditunjuk sebagai pengampu mata kuliah berasal dari empat program studi, yaitu empat dosen dari Program Studi Pendidikan Ekonomi S-1, dua dosen dari Program Studi PPKn S-1, satu dosen dari Program Studi Hukum S-1, dan satu dosen lagi dari Program Studi Sekretari D-III.

2

Video Pembelajaran, salah satu konten pembelajaran pada LMS Program Fasilitasi RPL

Program RPL dilaksanakan secara daring memanfaatkan media Learning Management System (LMS) berbasis Moodle. Konten pembelajaran yang disediakan juga beragam, seperti pre-test dan post-test, forum diskusi, video pembelajaran, dan yang lainnya. Di dalam LMS juga sudah dilengkapi dengan bahan ajar berupa modul yang telah ter-ISBN.

3

Pendampingan Manajemen LMS

Dalam kesempatan ini, Unpam juga memberikan pendampingan manajemen LMS untuk admin dan operator kepada IKIP Gunungsitoli. Pendampingan ini dilakukan sebanyak dua kali pertemuan secara daring menggunakan video conference. Pendampingan manajemen LMS ini dilakukan oleh koordinator e-learning LP3 Unpam, Heri Haerudin, S.Kom., M.Kom., dan diikuti dosen yang telah ditunjuk oleh IKIP Gunungsitoli.

4

Pendampingan Penyusunan Modul Ajar

Selanjutnya, pendampingan juga dilakukan dalam menyusun modul sebagai bahan ajar yang akan digunakan di dalam LMS nantinya. Kegiatan ini dipandu oleh tim modul Unpam yang terdiri dari Wakil Ketua LP3 Unpam, Aden S.Si., M.Pd., serta editorial modul, Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd., Saiful Anwar, S.Pd., S.E., M.Pd., dan Putut Said Permana, S.Pd., M.Pd. Sebanyak tiga mata kuliah disusun modulnya pada pendampingan ini yang melibatkan dosen dari IKIP Gunungsitoli. Ketiga modul tersebut saat ini sudah ter-ISBN.

 

Program RPL ini mendapat respon yang baik dari para dosen dan mahasiswa, serta para pimpinan perguruan tinggi yang terlibat di dalamnya. Dalam acara penutupan kegiatan program RPL yang dilakukan di ruang teleconference Unpam dan dihadiri secara daring melalui Zoom Meeting oleh pihak IKIP Gunungsitoli, beberapa testimoni yang diberikan mengindikasikan adanya kepuasan atas terlaksananya program tersebut. Seperti potongan testimoni perwakilan dosen pendamping dari IKIP Gunungsitoli, Noveri Amal Jaya Harefa, M.Pd., yang mengatakan “… jujur kami sangat berterima kasih dan kami berharap ini bisa dikembangkan di institusi sendiri walaupun secara material dan juga SDM masih kekurangan dan kami optimis bahwa ke depannya dengan kerja sama dengan PT mitra kami bisa berkembang lebih baik dan lebih maju ke depannya…”.

5

Testimoni Perwakilan Mahasiswa IKIP Gunungsitoli

Senada dengan hal tersebut, perwakilan mahasiswa IKIP Gunungsitoli juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah diberi kesempatan untuk merasakan pembelajaran daring dengan fasilitas yang sangat mendukung. “…Universitas Pamulang dalam berbagai mata kuliah, sudah menyediakan berbagai fasilitas. Proses pembelajaran dalam kegiatan ini sangat menarik dan sangat luar biasa di mana dalam LMS-nya terdapat berbagai fitur-fitur pembelajaran yang harus kami buka ketika kami belajar, mulai dari tes awal, modul pembelajaran, video pembelajaran, artikel website maupun forum diskusi dan tugas-tugas serta disertai dengan tes akhir…”, ujar Kasuari Gulo.

Sementara sambutan dari pimpinan perguruan tinggi, baik rektor Unpam maupun rektor IKIP Gunungsitoli sepakat dalam mengapresiasi program RPL serta berharap agar kerja sama yang sudah terjalin semestinya dapat dilanjutkan lagi ke depannya. “…kami sangat senang kalau nanti dapat melakukan bentuk-bentuk kerja sama yang lain, jadi kalau ada katakanlah bentuk penelitian, pengabdian (kepada) masyarakat, pengembangan LMS dan lain sebagainya, kita, banyak hal yang bisa kita gali bersama, banyak hal yang bisa kita lakukan bersama…”, ujar Dr. H Dayat Hidayat, M.M., rektor Unpam.

 

Penulis: Putut Said Permana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *