LP3 Memberikan Bimbingan Teknis Bidang Pengajaran Kepada Dosen Baru Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo

Pamulang – Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, pasal 1 ayat 9 menyatakan bahwa Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengadian kepada Masyarakat. Melaksanakan amanat undang-undang tersebut Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Pamulang memberikan Bimbingan Teknis (BIMTEK) bidang pengajaran bagi para dosen baru di Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo.

Bimbingan Teknis ini berlangsung pada Senin 30 Agustus 2021 mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB yang bertempat di Gedung Viktor Lt 8, Kampus 2, Universitas Pamulang. Jumlah peserta atau dosen yang mengikuti kegiatan ini mencapai 98 dosen yang terdiri dari 48 dosen Universitas Pamulang dan 50 dosen Universitas Sutomo. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Sasmita Jaya Dr. HC. Drs. H. Darsono, dan dibuka oleh Dr. H. E. Nurzaman, AM., M.M., M.Si selaku Rektor Universitas Pamulang dan Rektor Universitas Sutomo.

Fokus materi dalam bimtek berpusat pada bidang pengajaran, seperti penyusunan RPS (Aden, S.Si., M.Pd.) pengembangan bahan ajar berbentuk modul dan cara pengajuan ISBN (Kusworo, S.Pd., M.Pd.) penyusunan perangkat penilaian (Dr. Dameis Surya Anggara, M.Pd.) serta pengenalan pembelajaran online / e-learning (Heri Haerudin, S.Kom., M.Kom.)

Ketua Yayasan Sasmita Jaya dalam sambutannya menyampaikan “Selamat datang dan terima kasih untuk para dosen yang sudah bergabung menjadi bagian dari Universitas Pamulang dan juga Universitas Sutomo, ayo bersama-sama kita mencerdaskan generasi bangsa”

Selanjutnya Rektor Universitas Pamulang dan Universitas Sutomo juga menyampaikan “Dosen wajib melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat”

Pelaksanaan bimtek ini ditujukan kepada para dosen baru. Mereka dilatih untuk melaksanakan pembelajaran dengan baik, mulai dari merencanakan pembelajaran sampai dengan melakukan penilaian pembelajaran. Fakhrotun Nisa, S.Pd., M.Si sebagai salah satu peserta bimtek memberikan pendapat bahwa “Sebagai dosen baru di Universitas Sutomo saya mendapatkan ilmu-ilmu baru untuk menghadapi kegiatan belajar mengajar yang akan berlangsung pada semester ini”

Tak Lupa dalam selang waktunya Dr. Dameis Surya Anggara, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua LP3 juga menyampaikan “Bimbingan teknis ini bertujuan untuk membekali para dosen baru dalam melaksanakan Tridharma khususnya pada bidang pengajaran. Melalui kegiatan ini diharapkan para dosen mampu membuat RPS, bahan ajar, perangkat penilaian yang berdampak terciptanya proses pembelajaran yang efektif .


Penulis : Tio Sadewo

Editor  : Dameis Surya Anggara