VERIFIKASI KELAYAKAN PROPOSAL HIBAH PROGRAM KOMPETISI KAMPUS MERDEKA

Sebagai bentuk transformasi pendidikan tinggi dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana. Sasaran yang ingin dicapai melalui transformasi pendidikan tinggi adalah (1) meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi, (2) meningkatnya kualitas dosen pendidikan tinggi, dan (3) meningkatnya kualitas kurikulum dan pembelajaran yang diukur melalui 8 (delapan) melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merancang suatu program kompetisi yang dikemas dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM). Program ini dirancang dalam 3 (tiga) liga dimana Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dapat berkompetisi sehat sesuai dengan aturan pada tiap liganya.

Universitas Pamulang (Unpam) melalui tim Taskforce yang diketuai oleh Dr. Dameis Surya Anggara, M.Pd., ikut berpartisipasi dalam program tersebut dengan mengajukan 5 skema program studi dan 1 skema Institusi/ ISS. Berdasarkan hasil evaluasi awal dari evaluator PKKM, program Studi Teknik Informatika S-1 terpilih menjadi wakil dari Unpam untuk ke tahap berikutnya yaitu verifikasi kelayakan proposal melalui undangan Kemendikbudristek Nomor 3076/E3/PM.00.03/2022.

Kegiatan verifikasi kelayakan berlangsung mulai dari hari Selasa s.d Kamis, 12 s.d 14 Juli 2022 di Hotel Horison Grand Serpong. Turut hadir yang mewakili Unpam diantaranya 1) Dr. Dameis Surya Anggara, M.Pd (Ketua Taskforce Universitas), 2) Yan Mitha Djaksana, M.Kom (Ketua Taskforce Prodi Teknik Informatika S-1), 3) Lisda F.M, M.Pd. (Sekprodi Teknik Informatika S-1), 4) Weni G. A., M.Pd., (Dosen Teknik Informatika S-1), dan 5) Shinta Nazar, M.M.

Berdasarkan hasil pembahasan dengan mempertimbangkan a) kelayakan implementasi program, b) kelayakan usulan anggaran, c) kesiapan pengadaan dan pelaksanaan program, dan d) kebolehjadian pencapaian luaran dan indikator kinerja yang ditargetkan, maka disepakati beberapa hal berikut :

  1. Besaran bantuan PK-KM 2022 per program studi/ISS-MBKM yang disepakati adalah sebagai berikut:
No Program Studi/ISS-MBKM Dana PK-KM Dana Perguruan Tinggi Dana Mitra
1 Teknik Informatika Rp1.592.750.000 Rp159.700.000 Rp0
Total Rp1.592.750.000 Rp159.700.000 Rp0
  1. Saran dan Perbaikan

Gap analysis belum dilakukan secara tepat namun beberapa rasional usulan aktivitas dapat dikembangkan lebih lanjut. Usulan aktivitas diharapkan memiliki dampak pengembangan, namun perlu ditingkatkan efektifitasnya. Indikator kinerja yang ditetapkan cukup rasional.. beberapa aktivitas yang mengadakan peralatan harus didukung bukti-bukti pendukung yang sesuai dengan harga pasar dengan melibatkan tim pengadaan kampus. Aktivitas prpgram MBKM hrs dilakukan evaluasi setiap semester dengan memastikan program secara bermutu berjalan. komitmen Institusi untuk penyelenggaraan program dengan penyediaan pendanaan dan pembentukan Unit kerja harus dijadikan kebijakan untuk jelas keberlanjutan program. Pendanaan yang memanfaatkan fasilitas peralatan harus disertai bukti pendukung untuk memastikan harga yang sesuai dengan pasar dengan melibatkan 3 penawaran dan peralatan yang di prioriataskan barang-barang dari produk lokal. Semua aktivitas harus dikawal oleh SPMI untuk memastikam program berjalan sesuai mutu.

Penulis: DSA