PENENTUAN PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI DI LINGKUNGAN FAKULTAS TEKNIK SERTA FAKULTAS MIPA, UNIVERSITAS PAMULANG

Profil Lulusan merupakan ciri atau peran yang dapat dilakukan oleh lulusan pada bidang keahlian atau bidang kerja tertentu setelah menyelesaikan studinya. Untuk mendukung terimplementasinya kebijakan pemerintah tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), maka profil lulusan di Universitas Pamulang terbagi menjadi dua jenis, yaitu: Profil Lulusan Utama dan Profil Lulusan Pendukung. Mata Kuliah yang terbentuk dari Profil lulusan pendukung ini dapat dijadikan target rekognisi/ konversi kegiatan MBKM.

Standar Profil Lulusan Program Studi di Universitas Pamulang yaitu Profil Lulusan yang memiliki kesetaraan dengan jenjang KKNI dan dirumuskan berdasarkan pertimbangan kebutuhan pengguna, perkembangan IPTEKS, serta mengacu kesepakatan dengan asosiasi penyelenggara program studi sejenis dan organisasi profesi. Guna melaksanakan amanat di atas, maka Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, dan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) mengadakan diskusi untuk menentukan Profil Lulusan yang terstandar tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 17 Mei 2022 di Ruang Rapat Program Studi Teknik Informatika S-1 yang dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dekan, Para Ketua Program Studi, Ketua LP3, serta para dosen Pengembang Kurikulum Program Studi.

Salah satu hasil diskusi di atas yaitu terbentuknya profil lulusan Program Studi Teknik Elektro S-1 yang terstandar, yaitu profil lulusan utama berupa Engineer Bidang Ketenagalistrikan dan profil lulusan pendukung berupa Supervisor dan Tecknopreuneur di bidang Ketenagalistrikan. Jika dianalisis kesesuaian profil lulusan di atas, sudah sesuai dengan kesetaraan jenjang KKNI, perkembangan IPTEKS, kebutuhan pengguna, serta merujuk kesepakatan asosiasi.

Penulis: DSA