BRIEFING SEBELUM BIMTEK PENINJAUAN KURIKULUM KE 1: PENENTUAN PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PRODI

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum selalu berkembang menyesuaikan perkembangan zaman seperti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan sains (IPTEKS), sehingga kurikulum yang baik harus mampu menyesuaikan perkembangan tersebut.

 

Atas dasar itu, Universitas Pamulang melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) mengadakan Briefing kepada Tim Peninjau Kurikulum, sebelum terjun melaksanakan Bimtek 1 dengan materi penentuan Profil Lulusan Dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi. Agenda tersebut dilaksanakan pada 10 Mei 2022 mulai pukul 13.00 s.d 15.00 WIB secara virtual dan dihadiri oleh Wakil Rektor I, Tim Peninjau Kurikulum Universitas serta Tim Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Diharapkan dengan pengarahan ini, tim peninjau kurikulum dapat memvalidasi Profil Lulusan dan CPL Prodi agar memiliki kesesuaian dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam sambutannya, Ubaid Al-Faruq, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Rektor I menyatakan bahwa Profil Lulusan harus mengarah ke profesi yang relevan dengan perkembangan zaman, sesuai dengan jenjang KKNI, serta merujuk asosiasi terkait. Selanjutnya dalam paparannya Dr. Dameis Surya Anggara, M.Pd. selaku Ketua LP3 menyatakan bahwa tim peninjau kurikulum universitas wajib memvalidasi kesesuaian Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sesuai dengan Standar, seperti:

  1. Profil Lulusan yang memiliki kesetaraan dengan jenjang KKNI dan dirumuskan berdasarkan pertimbangan kebutuhan pengguna, perkembangan IPTEKS, serta mengacu kesepakatan dengan asosiasi penyelenggara program studi sejenis dan organisasi profesi; dan
  2. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) diturunkan dari Profil Lulusan yang terdiri dari:
  • Rumusan CPL Sikap dan Ketrampilan Umum yang terdapat pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020; dan
  • Rumusan CPL Ketrampilan Khusus dan Pengetahuan yang dikembangkan sendiri berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 serta mengacu pada hasil kesepakatan dengan asosiasi penyelenggara program studi sejenis dan organisasi profesi.

Selain itu, Profil Lulusan juga diharapkan ada keterkaitan dengan skema LSP agar grand design seperti Standar Isi (LP3), Standar Proses (Prodi), dan Penilaian Eksternal (LSP) dapat berjalan beriringan, bersinergi, dan saling memperkuat untuk peningkatan kualitas Universitas Pamulang. Menanggapai hal tersebut tim LSP menyatakan sangat siap untuk memfasilitasi para prodi untuk menentukan Profil Lulusan yang relevan dengan skema LSP dan jenjang KKNI yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.